Rabu, 08 Januari 2014

Cara Membuat Yoghurt

Berikut ulasan cara membuat yoghurt. Tapi, yoghurt kreasiku ini menggunakan bahan dasar labu.
Oke, cekidot!
  • ·         Bahan-bahan :

1.        ¼ kilogram buah labu yang sudah matang
2.       ¼ kilogram beras merah
3.       Susu krimer putih
4.      Bakteri kefir
5.       Air panas
  • ·         Alat- alat :

1.        Termometer celcius
2.       Gelas penakar
3.       3 buah panci
4.      Toples Tupperware
5.       Pisau
6.      Saringan
7.       Gelas
8.      Blender
9.      Dandang
10.    Sendok sayur
11.     Selimut tebal
12.    Potongan kain bersih
13.    Kardus
  • ·         Langkah-langkah :

a)      Siapkan air panas. Jika belum ada, bisa merebus terlebih dahulu. Disini, air panas paling banyak dibutuhkan

b)      Kemudian, sterilkan panci untuk merebus beras merah dan angsang atau saringan yang diletakkan didalam dandang untuk mengukus labu. Cara mensterilkannya adalah dengan menuangkan air panas tadi ke dalam panci. Tunggu  ± 5 menit. Ini guna untuk membunuh kuman yang menempel pada dinding panci.

c)      Cuci beras merah dengan air matang. Usahakan menggunakan air biasa untuk mencuci beras. Juga cuci labu dengan air panas dan potong-potong.

d)      Rebus beras merah dengan air matang  1 ¼ liter. Bersamaan dengan itu, kukus labu yang sudah dipotong-potong tadi.
Untuk merebus beras merah tadi, jangan sampai mendidih karena sudah menggunakan air matang. Dan untuk labu, kukus hingga labu berubah tekstur menjadi empuk.

e)      Sambil menunggu semua siap, sterilkan blender bersama dengan tutupnya.

f)       Setelah itu, saring air beras merah dan tuangkan air beras merah itu ke blender bersama dengan labu. Untuk ini, jangan semua air beras merah dan labu dimasukkan semua, karena akan membuat blender penuh dan air akan tumpah.

g)      Kemudian, sterilkan panci untuk merebus campuran seluruh bahan. Sterilkan juga gelas, sendok makan, dan sendok sayur.

h)      Cairkan susu krimmer dengan air sebanyak 250 ml. Jangan terlalu kental dan terlalu encer. Ditahap ini, digunakan susu UHT Ultra Milk atau susu krimer biasa.

i)        Tuangkan susu krimer  tadi dan air blenderan tadi ke dalam panci yang sudah disterilkan tadi. Panaskan dengan api kecil.

j)        Untuk ini, aduk sesekali. Bisa selang beberapa menit. Jangan terlalu sering diaduk. Tutup panci agar tidak terkontaminasi. Waktu merebus ini adalah sampai suhu air 80-90⁰ Celcius. Tetapi, jangan sampai mendidih.

k)      Jika sudah, diamkan dengan kondisi panci masih tertutup. Ini bertujuan untuk memperoleh solid/endapan yoghurt. Waktu yang dibutuhkan adalah ± 5 menit.

l)        Sambil menunggu, sterilkan saringan dan potongan kain. Untuk potongan kainnya, diperlukan untuk merendamnya. Sterilkan juga panci, gelas penakar, toples, dan sendok.

m)   Setelah itu, bentangkan potongan kain tadi diatas saringan. Dan saringan diletakkan di atas panci.

n)      Tuangkan sedikit demi sedikit solid yoghurt tadi ke potongan kain.Tiriskan dengan bantuan sendok makan. Tetapi, jangan sampai terlalu kental dan terlalu encer. Lalu, solid yang masih di atas kain tadi dipindahkan ke dalam gelas penakar.

o)      Usahakan gelas penakar selalu tertutup setelah solid dipindahkan. Jika sudah mencapai  ½ atau 1 liter, tuang ke dalam toples dan tutup. Lakukan terus-menerus hingga benar-benar yang tersaring adalah solid/ endapannya. Jadi yang tertampung di panci tadi adalah air yang benar-benar cair dan tidak ada solidnya.

p)      Setelah itu, sterilkan gelas penakar dan sendok makan.

q)      Tuangkan bakteri kefir ke dalam gelas penakar. Kefir yang digunakan adalah 20 ml untuk ¾ liter. Kemudian tuang ke dalam toples, aduk rata, dan tutup toples rapat-rapat.

r)       Pindahkan toples ke dalam kardus dengan selimut tebal. Cara ini bertujuan untuk tetap menjaga kehangatan solid yoghurt.

s)       Tutup kardus rapat dan letakkan kardus dalam suhu ruangan selama 5-7 jam.

t)       Kemudian jika sudah, pindahkan toplesnya saja ke dalam kulkas bagian bawah, agar tidak terlalu dingin dan terlalu panas. Tetapi, jangan membuka tutup toples untuk melihatnya.

u)      Yoghurt bisa dinikmati ± 1 jam setelah pendinginan. Untuk penyimpanan yoghurt, bisa diletakkan kembali ke dalam kulkas.











NB : Untuk uji coba diatas menggunakan buah labu, jadi lebih cepat untuk membusuk. Yoghurt pun juga hanya tahan 2 hari. Dan saya mohon maaf apabila takaran setiap bahan tidak sesuai, karena itu juga saya kira-kira sendiri.

Semoga Bermanfaat! Jangan copas ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar