Sabtu, 01 Februari 2014

Cara Membuat Maket Rumah Adat


      RUMAH ADAT PANGGUNG, JAMBI





             Bahan yang digunakan :
1.      Lem fox putih
2.      Lem fox kuning
3.      Lem tembak
4.      Stik es krim
5.      Kardus
6.      Pasir
7.      Ampas kelapa
8.      Fernis
9.      Hiasan pagar
10. Gabus
11. Hardboard
12. Engsel pintu
13. Batu bata
14. Gorden
15. Hiasan tanaman
16. Gabus vas bunga
17. Tinta timbul + Glitter
18. Koran bekas
19. Cat air
20. Tusuk sate
21. Kain Flanel
22. Kain merah + putih

          Penerapan
1.     Cara membuat landasan:
Gabungkan gabus berwarna hijau dengan hardboard dengan ukuran sesuai keinginan. Potong gabus sesuai dengan ukuran hardboard tersebut.

2.     Cara membuat dinding rumah :
Stik es krim disusun secara rapi menggunakan lem fox putih/kuning. Untuk bagian ujung-ujungnya yang berbentuk ½ lingkaran jangan dipotong. Jika sudah, disatukan dengan menggunakan bantuan lem tembak. Lalu, bisa kalian fernis beberapa kali agar tampak lebih coklat dan mengkilap.



3.     Cara membuat pagar :
Stik es krim dipotong satu sisi dengan ukuran sesuai keinginan. Susun sedikit-sedikit ±10 stik, agar tidak terlalu panjang. Dan tempelkan pada sisi gabus bagian depan dan samping. Sisakan jarak untuk bagian depan sebagai pintu masuk.

4.     Cara membuat sekat antarruang :
Potong kardus sesuai dengan tinggi ruangan. Rekatkan dengan potongan kardus yang sama ukurannya dengan menggunakan lem fox putih. Potong kardus dengan ukuran kecil berjumlah 2. Rekatkan pada bagian atas agar member kesan seperti pintu.

5.     Cara membuat teras :
Cara membuat teras sama dengan membuat pagar tadi. Jika terlalu panjang kalian bisa mengguntingnya. Tumpuk-tumpuk mengelilingi depan rumah.

6.     Cara membuat rumput-rumputan :
Ampas kelapa parut yang tidak terpakai bisa kalian gunakan. Untuk ini, gunakan yang benar-benar sudah menjadi ampas, jika tidak itu akan menimbulkan bau busuk. Campurkan ampas kelapa, lem fox, dan cat air warna hijau. Aduk rata dengan jumlah lem fox putih lebih banyak. Jika menurut kalian kurang hijau, tumbuk daun pandan/daun suji dan beri air sedikit. Itu akan menambah warna hijau jika diperlukan.

7.     Cara membuat air pada kolam :
Cara membuat air pada kolam sama dengan membuat rumput-rumputan tadi, hanya warna cat air yang dibutuhkan adalah warna biru.

8.     Cara membuat jalan setapak :
Gunting stik es krim dengan ukuran sesuai keinginan, jangan terlalu panjang. Cat stik tersebut dengan cat air warna hitam. Tumbuk batu bata sampai halus. Campurkan batu bata tersebut dengan lem fox yang lebih banyak. Bentuk campuran tadi diatas stik es krim hitam tadi. Jika sudah benar-benar kering, oleskan lem fox putih pada atas dan pinggir-pinggirnya agar tahan lama.

9.     Cara membuat atap :
Sobek kardus pada satu sisi sampai terlihat lengkungan-lengkungan menyerupai genting. Cat kardus tadi dengan menggunakan cat air atau cat poster. Jemur sampai kering. Susun stik es krim hingga membentuk kerangka atap. Maaf, untuk ini tidak aku jelaskan secara detail karena rumit dan kurang jelas. Jika sudah tempelkan kardus tadi dipermukaan kerangka atap.

10.           Cara membuat tulisan :
Gunakan tinta timbul berwarna netral. Ambil potongan kertas yang agak tebal dan bentuk tulisan disitu. Jika sudah kalian bisa menaburkan glitter. Glitter make-up juga bisa digunakan. Tunggu sampai kering. Dan bersihkan sisa glitter yang tidak tertempel. Lalu potong satu-satu huruf.

Oke, ini foto-fotonya agar lebih jelas.
                                            I.            Foto-foto miniatur perabot


























                                         II.            Foto-foto ruangan








                                       III.            Taman







                                       IV.            Foto tampilan keseluruhan







Selamat Mencoba!
Semoga postingan ini dapat bermanfaat!
Comment aja kalau ada yang belum jelas.
Terima kasih!

7 komentar: